Minggu, 20 April 2014

TOKOH PSIKOLOGI TAHUN 1950-1975

Tokoh-tokoh menyangkut Psikologi (Bagian 1)
ABRAHAM HAROLD MASLOW (1908-1970)
Abraham Harold Maslow lahir pada 1 April 1908 di Brooklyn, New York. Maslow adalah anak sulung dari tujuh bersaudara yang lahir dari imigran Yahudi Rusia. Abraham Malow anak tertua didorong sangat keras karena ia diakui sebagai seorang intelektual di usia muda. Ia mengguluti dunia Psikologi saat ia sekolah di Universitas Wisconsin, ia menerima gelar BA pada tahun 1930, gelar MA pada tahun 1931 dan Ph.D pada tahun 1934, di Wisconsin ia dibimbing oleh Harry Harlow, seorang psikolog terkenal untuk karyanya pada monyet rhesus dan perilaku. Setelah Ph.D, Maslow kembali ke New York pada tahun 1935, di mana ia melanjutkan studi psikologinya di Universitas Kolombia. Bekerja dengan EL Thorndike, Maslow terus mengembangkan minatnya pada seksualitas manusia. Pada tahun 1937 Maslow mengambil sebuah posting mengajar di Brooklyn College. Pada tahun 1951 Maslow pindah ke Brandeis University, sebuah universitas riset Massachusetts swasta, di mana mengambil kursi dari departemen psikologi. Posisi ini memungkinkan dia untuk lebih fokus pada karya teoretisnya.
PANDANGAN ATAU TEORI ABRAHAM HAROLD MASLOW
Asal muasal Maslow menciptakan Teorinya yang terkenal saat ini yaitu mengenai “Hierarki Kebutuhan” atau “Hierarki of needs” , maka ini lah yang dimaksudkan kedalam tingkatan kebutuhan manusia. Ada 5 tingkatan kebutuhan manusia, yaitu :
1 . Kebutuhan fisiologis . Ini termasuk kebutuhan yang kita miliki untuk oksigen , air , protein , garam , gula , kalsium , dan mineral lain dan vitamin . Mereka juga termasuk kebutuhan untuk menjaga keseimbangan pH ( terlalu asam atau basa akan membunuh Anda ) dan suhu ( 98,6 atau dekat dengan itu) . Juga, ada kebutuhan untuk aktif , istirahat , tidur , untuk menyingkirkan limbah ( CO2 , keringat , urin , dan feses ) , untuk menghindari rasa sakit , dan melakukan hubungan seks . Cukup koleksi !

Maslow percaya , dan penelitian mendukung dia, bahwa sebenarnya kebutuhan individu , dan bahwa kurangnya , katakanlah , vitamin C , akan menyebabkan kelaparan yang sangat spesifik untuk hal-hal yang telah di masa lalu asalkan vitamin C - misalnya jus jeruk . Saya kira ngidam yang memiliki beberapa wanita hamil , dan cara di mana bayi makan paling busuk mencicipi makanan bayi , mendukung gagasan anekdot .

2 . Keselamatan dan kebutuhan keamanan . Ketika kebutuhan fisiologis yang sebagian besar diambil dari perawatan , lapisan kedua ini kebutuhan datang ke dalam bermain . Anda akan menjadi semakin tertarik untuk menemukan keadaan yang aman , stabilitas , perlindungan . Anda mungkin mengembangkan kebutuhan untuk struktur , untuk pesanan , beberapa batasan .

Melihat hal itu secara negatif , Anda menjadi prihatin , bukan dengan kebutuhan seperti lapar dan haus , tetapi dengan rasa takut dan kecemasan . Pada orang dewasa Amerika biasa , set ini kebutuhan mewujudkan diri dalam bentuk dorongan kita untuk memiliki rumah di lingkungan yang aman , keamanan kerja yang sedikit dan sarang telur , rencana pensiun yang baik dan sedikit asuransi , dan sebagainya .

3 . Kasih dan kebutuhan milik . Ketika kebutuhan fisiologis dan kebutuhan keselamatan , oleh dan besar , diurus , lapisan ketiga mulai muncul . Anda mulai merasa perlu untuk teman-teman , kekasih , anak-anak , hubungan kasih sayang secara umum , bahkan rasa komunitas . Memandang negatif , Anda menjadi semakin rentan terhadap kesepian dan kecemasan sosial .

Dalam hari -hari kehidupan kita , kita menunjukkan kebutuhan ini dalam keinginan kita untuk menikah , memiliki keluarga , menjadi bagian dari sebuah komunitas , anggota gereja , seorang saudara dalam persaudaraan , bagian dari geng atau bowling a club . Ini juga merupakan bagian dari apa yang kita cari dalam karir .

4 . Esteem membutuhkan . Selanjutnya, kita mulai mencari sedikit harga diri . Maslow mencatat dua versi kebutuhan penghargaan , yang lebih rendah dan yang lebih tinggi . Semakin rendah satu adalah kebutuhan untuk menghormati orang lain , kebutuhan akan status , ketenaran , kemuliaan, pengakuan , perhatian , reputasi , apresiasi , martabat , bahkan dominasi . Bentuk yang lebih tinggi melibatkan kebutuhan untuk harga diri , termasuk perasaan seperti kepercayaan diri , kompetensi , prestasi , penguasaan , kemerdekaan, dan kebebasan . Catatan bahwa ini adalah " tinggi " bentuk karena, tidak seperti rasa hormat dari orang lain , setelah Anda memiliki harga diri , itu jauh lebih sulit untuk kalah!
5 . Aktualisasi Diri . merupakan kebutuhan-kebutuhan akan penghargaan dari orang lain, status, ketenaran, dominasi, kebanggaan, dianggap penting dan apresiasi dari orang lain. Orang-orang yang terpenuhi kebutuhannya akan harga diri ini akan tampil sebagai orang yang percaya diri, tidak bergantung pada orang lain dan selalu siap untuk berkembang terus untuk selanjutnya meraik kebutuhan yang tertinggi yaitu aktualisasi diri (self actualization). Maslow telah menggunakan berbagai istilah untuk merujuk pada tingkat ini : Dia menyebutnya motivasi pertumbuhan ( berbeda dengan motivasi defisit ) , menjadi kebutuhan ( atau B - kebutuhan , berbeda dengan D - kebutuhan ) , dan aktualisasi diri .

Ini adalah kebutuhan yang tidak melibatkan keseimbangan atau homeostasis . Setelah bertunangan, mereka terus dirasakan . Bahkan , mereka cenderung menjadi lebih kuat seperti yang kita " memberi makan " mereka! Mereka melibatkan keinginan terus-menerus untuk memenuhi potensi , untuk Mereka adalah soal menjadi yang paling lengkap , sepenuhnya , " kamu" " semua yang Anda bisa . " - Maka istilah , aktualisasi diri .

Sekarang , sesuai dengan teorinya sampai titik ini , jika Anda ingin benar-benar aktualisasi diri , Anda harus memiliki kebutuhan yang lebih rendah Anda diurus , setidaknya hingga batas tertentu . Ini masuk akal : Jika Anda lapar , Anda berebut untuk mendapatkan makanan ; Jika Anda tidak aman , Anda harus terus-menerus waspada ; Jika Anda terisolasi dan tidak dicintai , Anda harus memenuhi kebutuhan itu ; Jika Anda memiliki rasa rendah diri , Anda harus defensif atau kompensasi . Ketika kebutuhan yang lebih rendah terpenuhi , Anda tidak dapat sepenuhnya mengabdikan diri untuk memenuhi potensi Anda .
Pertanyaannya menjadi , tentu saja , apa tepatnya Maslow maksud dengan aktualisasi diri . Untuk menjawab itu , kita perlu melihat jenis orang-orang yang disebut self - actualizers . Untungnya , ia melakukan ini untuk kita , dengan menggunakan metode kualitatif disebut analisis biografi .


Dia mulai dengan memilih keluar sekelompok orang , beberapa tokoh sejarah , beberapa orang yang dikenalnya , yang ia merasa jelas memenuhi standar aktualisasi diri . Termasuk dalam kelompok ini Agustus adalah Abraham Lincoln , Thomas Jefferson , Albert Einstein , Eleanor Roosevelt , Jane Adams , William James , Albert Schweitzer , Benedict Spinoza , dan Alduous Huxley , ditambah 12 orang yang tidak disebutkan namanya yang masih hidup pada saat Maslow melakukan penelitiannya . Dia kemudian melihat biografi mereka , tulisan , tindakan dan kata-kata dari orang-orang yang kenal secara pribadi , dan sebagainya . Dari sumber-sumber ini , ia mengembangkan daftar kualitas yang tampaknya karakteristik orang-orang ini , yang bertentangan dengan massa besar dari kita .
PENDAPAT DAN QUATE
·         Abraham Harold Maslow berpendapat bahwa mestilah ada pintu masuk di mana kita bisa mempelajari semua manusia dari sudut pandang yang sama. Disertai dengan ideologi yang tidak terkotak-kotak dalam bangsa-bangsa.ideologi itu adalah apa yang dinamakannya “ meta-motivasi ” atau “ meta-kebutuhan “ ( kebutuhan yang tertinggi, yang melebihi kebutuhan-kebutuhan lain pada umumnya ).
·         Ia berkata “ Orang yang sudah pernah punya bayi, tidak akan menjadi behavioris” hal tersebut mengarah pada Behaviorisme, dimana dalam hal tersebut merupakan suatun pengalaman yang di tinggalkan Maslow.
·         Kemudian Maslow berpendapat bahwa “Mestilah ada pintu masuk dimana kita bisa mempelajari semua manusia dari sudut pandang yang sama” sehingga saat itu Maslow membahas mengenai psikologi Holistik dan Humanistik.
·         Maslow juga berpendapat bahwa manusia yang sehat jiwanya adalah manusia yang mengembangkan dirinya sendiri bedasarkan kekuatan-kekuatan dari dalam. Sementara orang-orang yang terganggu juwanya, yang anti sosial, yang jahat adalah orang-orang yang terhambat perkembangan dirinya, yang frustasi oleh gangguan-gangguan dari luar.
·         Maslow juga berpendapat tentang Kebutuhan Manusia, dan salah perkataannya mengenai “Kebutuhan yang lebih tinggi akan timbul jika kebutuhan yang lebih rendah terpenuhi”
SUMBER : Buku Maslow yang mudah dibaca dan penuh ide-ide menarik. Yang paling dikenal adalah Menuju Psikologi Menjadi (1968), Motivasi dan Kepribadian (edisi pertama, 1954, dan edisi kedua, 1970), dan The Mencapai lebih lanjut dari Human Nature (1971). Akhirnya, ada banyak artikel oleh Maslow, terutama di Jurnal Psikologi Humanistik, yang ia dirikan. Untuk informasi lebih lanjut on-line, pergi ke http://www.nidusnet.org.

Robert Sessions Woodworth (1869-1962)
Robert Sessions Woodworth lahir pada tanggal 17 Oktober 1869 dan beliau meninggal pada tanggal 4 juli 1962, ia meninggal di usia 91 tahun. Ayahnya adalah seorang menteri Kongregasionalis , dan ibunya adalah seorang guru berpendidikan tinggi. Dia hadir di sekolah tinggi di Newton , Massachusetts dengan rencana menjadi menteri. Ia menerima gelar dari Amherst College pada tahun 1891. Ia juga pernah mengajar matematika di sebuah sekolah tinggi selama dua tahun dan di sebuah perguruan tinggi selama dua tahun di Topeka , Kansas. Pada tahun 1895 , ia kembali ke kampus sebagai seorang mahasiswa sarjana di Harvard University , belajar filsafat dengan Josiah Royce , belajar psikologi dengan William James , dan belajar sejarah dengan George Santayana. Pada tahun 1896, Woodworth meraih gelar sarjana dari Harvard , diikuti dengan menjadi asisten di Harvard Medical School di departemen psikologi 1897-1898. Di sini , ia mengamati eksperimen Cannon pada kelaparan dan emosi. Pada tahun 1899 , Woodworth gelar PhD di bawah Cattell . Disertasinya berjudul " Akurasi gerakan sukarela”. Pada tahun 1902 , Pada tahun 1914 , Woodworth terpilih sebagai presiden dari APA. Woodworth diterima beasiswa untuk bekerja dengan Charles Sherrington di University of Liverpool. Woodworth menerbitkan : Sebuah studi tentang kehidupan mental , yang muncul pertama kali pada tahun 1921 , dan Psikologi Eksperimental pada tahun 1938. Woodworth menerbitkan Sekolah Kontemporer Psikologi pada tahun 1932
PANDANGAN ATAU TEORI  ROBERT SESSION WOODWORTH
Salah satu pandangan yang di ciptakan oleh Woodworth adalah tes Psikologi dan  Pengukuran. pertama kali bertanggung jawab atas sebuah proyek di mana ia diuji sekitar 1.100 orang pada 1904 St Louis Exposition . Menurut Hothersall , ia mengambil " posisi yang sangat masuk akal dan berpikiran adil pada perbedaan rasial dalam hasil tes ". Woodworth menekankan bahwa pelabelan yang didasarkan pada dugaan perbedaan baik internal ( fungsi mental dan ukuran ) dan eksternal ( warna kulit ) , sehingga sulit untuk membandingkan mereka secara empiris. Karakteristik tidak sama terukur , dan perbedaan individu sangat penting , menurut Woodworth , sehingga percobaan yang mengklaim untuk menunjukkan perbedaan yang tajam dalam balapan mengabaikan tumpang tindih dalam suatu populasi . Selain itu , Woodworth tidak setuju dengan norma waktu dengan peradaban label sebagai " primitif " atau " maju " karena ia mencatat bahwa perbedaan pada skala waktu evolusi adalah menit cenderung menghasilkan perubahan status mental. tes itu sangat berpengaruh dalam perkembangan kepribadian persediaan kemudian dengan langkah-langkah neurotisisme. Woodworth menerbitkan atau menciptakan Sebuah studi tentang kehidupan mental dan Psikologi Eksperimental. Ia juga pernah membahas pertanyaan tentang keberadaan pikiran tanpa gambaran saat ia terpilih sebagai Presiden APA. Woodworth memperkenalkan dan mempopulerkan ekspresi Stimulus - Organism - Response ( SOR ) untuk menggambarkan pendekatan fungsionalis untuk psikologi dan menekankan perbedaan dari ketat Stimulus - Response ( SR ) pendekatan dari behavioris. Woodworth dalam psikologi adalah fungsionalisme. Selain itu Woodworth juga merujuk kepada penggunaan metode perilaku , fisiologis , atau introspektif tergantung pada metode terbaik sesuai situasi kepentingan empiris.
PENDAPAT ATAU TEORI ROBERT SESSIONS WOODWORTH
·         " Mungkin benar , seperti yang telah dikatakan , bahwa penulis hadir mewakili sekolah fungsional psikologi , dalam arti yang luas dari kata Psikologi . Tampaknya menjadi studi tentang fungsi dari organisme di lingkungannya . Ini tampak begitu banyak hal yang biasa bagi saya bahwa mungkin itu mendasari diskusi banyak topik . saya akan memperingatkan pembaca terutama terhadap bias teoritis kemungkinan dalam bab-bab tentang respon terkondisi , Maze Belajar , Persepsi warna , dan Problem Solving . Studi topik ini telah melayani untuk memperjelas pandangan sistematis saya sendiri, tapi presentasi eksplisit pandangan ini harus menunggu kesempatan lain " ( Woodworth , 1938 , p v ; . berani - menambahkan teks ) .
SUMBER :  Sarwono,W.S. (2002). Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Psikologi( ed.3). Jakarta: Bulan Bintang.

ARNOLD LUCIUS GESELL (1880-1961)
Lahir pada tanggal 21 Juni 1880, Gesell lahir di Alma , Wisconsindan dan beliau meninggal pada tanggal 29 May 1961, dan ia meninggal pada usia 81 tahun. Dan Arnold adalah seorang psikolog dan dokter anak yang membantu mengembangkan bidang perkembangan anak. Dia adalah anak tertua dari lima bersaudara dan anak dari seorang fotografer dan seorang guru , orang yang sama-sama tertarik pada pendidikan. Dia bekerja sebagai guru SMA sebentar , tapi kemudian melanjutkan studi di University of Wisconsin – Madison. Gesell menerima gelar Bachelor of Philosophy dari Wisconsin pada tahun 1903. Gesell menerima gelar Ph D. dari Clark pada tahun 1906 . Ia bekerja di beberapa fasilitas pendidikan di New York City. ia menghabiskan beberapa waktu belajar di University of Wisconsin Medical School . Kemudian ia menjabat sebagai asisten profesor di Yale University saat belajar kedokteran . Dia mengembangkan Klinik Perkembangan Anak di sana dan menerima MD -nya pada tahun 1915. Gesell mendirikan Klinik Perkembangan Anak , Dr Frances Ilg dan Dr Louise Bates Ames pada tahun 1950 , setelah pensiun dari Gesell universitas pada tahun 1948 . Pada tahun 2012 , Institut berganti nama dengan Gesell Institute of Child Development.
·         SUMBER : Boring, E.G. (1952) “Arnold Lucius Gesell.” History of Psychology in Autobiography 4: 123-42. Worcester, MA: Clark University Press.
PANDANGAN ATAU TEORI ARNOLD LUCUIS GESELL
Sebagai seorang psikolog , Gesell menyadari pentingnya besar dari kedua nature dan nurture . Dia memperingatkan orang lain untuk tidak cepat untuk atribut cacat mental penyebab tertentu . Dia percaya bahwa banyak aspek dari perilaku manusia , seperti wenangan dan temperamen yang diwariskan . Dia mengerti bahwa anak-anak disesuaikan dengan orang tua mereka serta satu sama lain . Dia berpikir bahwa sistem sekolah pembibitan nasional akan menguntungkan Amerika . Pekerjaan awal Gesell yang difokuskan pada anak-anak terbelakang , tetapi ia percaya bahwa hal itu perlu untuk memahami bayi normal dan perkembangan anak untuk memahami nonnormality . Dia juga belajar sindrom Down , kretinisme , dan cerebral palsy. Gesell itu pelopor bekerja pada perkembangan “mental bayi membuatnya menyimpulkan bahwa perkembangan mental anak-anak tampaknya mengikuti keteraturan tertentu sebanding dengan jenis keteraturan dalam pembangunan fisik”. Dia mendokumentasikan pola dan kesamaan dalam perkembangan mental anak-anak dan mengklaim bahwa individu melalui urutan diidentifikasi tahap . Karya Gesell itu sering dikutip sebagai pendukung keyakinan dalam tahap alami yang telah ditentukan dari perkembangan mental dalam kontroversi yang panas kemudian atas alam versus pengasuhan dalam kesiapan pendidikan. Beberapa Gesell Data yang diperoleh diintegrasikan ke dalam jadwal yang dapat digunakan untuk menghitung Gesell Pembangunan Quotient , atau DQ . Untuk sementara DQ secara luas digunakan sebagai ukuran kecerdasan anak-anak. Gesell kadang-kadang berbicara langsung kepada orang tua , menganjurkan " bimbingan cerdas " daripada kekakuan dengan aturan atau , di sisi lain , overpermissiveness . Dia juga dianggap pertanyaan seperti faktor psikologis dalam adopsi dan pengaruh kelahiran prematur pada perkembangan mental.
SUMBER : Ames, Louise Bates, Arnold Gesell: themes of his work, New York, N.Y.: Human Sciences Press, 1989.
PENDAPAT ATAU QUATE ARNOLD LUCUIS GESELL
  • Percaya bahawa tingkah laku berkembang menurut tahap-tahap atau jadual dalaman yang berlaku secara semula jadi atau dikenali sebagai proses kematangan biologis.
  • berpendapat bahawa semua perkembangan berlaku mengikut pola dan urutan tertentu - oleh itu perkembangan kanak-kanak boleh diramal
  • Kematangan merujuk kepada proses perkembangan yang dikawal oleh faktor intrinsik, terutamanya gen, iaitu bahan kimia terkandung dalam nukleus setiap sel. Gen yang menentukan sekuens, masa dan bentuk tingkah laku yang terhasil. 
  • Beliau telah berusaha menjalankan kajian kematangan. Sepanjang 50 tahun di klinik pertumbuhan kanak-kanak Yale, Gesell dengan rakan sekerjanya melibatkan diri dalam sebuah kajian teliti dan luas mengenai perkembangan neuromotor kanak-kanak dan bayi.
  • Menerangkan keindahan yang dilihatnya dalam proses pertumbuhan dengan “ its seasons and sequences”. Pertumbuhan terjadi dalam sekuen yang tetap. Menurut Gesell (1952) semasa perkembangan bayi, mereka belajar duduk, berdiri, berjalan, dan berlari dan keupayaan tersebut juga berkembang dalam urutan yang spesifik.
  • Dari pandangan Gesell, perbezaan individu dalam kepantasan pertumbuhan dikawal sepenuhnya oleh mekanisme genetik dalaman.
  • Pertumbuhan dan perkembangan kanak-kanak dipengaruhi oleh dua faktor yang utama ; persekitaran dan baka. 
  • Pertumbuhan sebelum kelahiran dipengaruhi oleh kematangan dari aspek persekitaran dalaman, seperti suhu badan fetus dan oksigen yang diterima daripada ibunya. Selepas kelahiran, dipengaruhi oleh persekitaran fizikal dan sosial.
Prinsip Perkembangan Pemerhatian Gesell 

Penggabungjalinan Dua Hala Manusia 
·                     Terbina daripada prinsip asas berpasangan iaitu kita mempunyai bahagian otak yang terdiri daripada dua hemispera, sepasang mata, sepasang tangan, sepasang kaki dan lain-lain lagi. Pergerakan kita juga ada mempunyai ciri-ciri dualistik seperti apabila kita mengeliatkan badan. 
·                     Merujuk kepada proses perkembangan dua keinginan yang akhirnya akan mencapai satu cara pengelolaan yang efektif. 
·                     Contoh, dalam perkembangan menggunakan tangan, seorang bayi menggunakan sebelah tangan, kemudian menggunakan kedua-duanya sekali, kemudian menggunakan tangan sebelah yang lain, diikuti dengan penggunaan kedua-dua belah tangan dan berulang-ulang sehingga dia mencapai dominasi satu tangan.
·                     Perkara saling menggantikan penggunaan kedua-dua belah tangan memberi contoh kepada kita tentang penggabungjalinan dua hala.

Fungsi tidak bersimetri 
·             Melalui proses penggabungjalinan dua hala kita telah menseimbangkan asas berpasangan alam sekeliling kita.
·             Walau bagaimanapun kita jarang mencapai keseimbangan yang tepat atau simetri, malah satu tahap keseimbangan tidak bersimetri yang selalunya berfungsi. 
Peraturan Kendiri
·             mekanisma perkembangan intrinsik terlalu kuat sehingga organisma tersebut pada sesuatu tahap akan dapat mengawal perkembangan dirinya - mengawal kitaran menyusu, tidur dan keadaan berjaga mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar