TOKOH-TOKOH PSIKOLOGI TAHUN 1950-1975
JOHN DEWEY (1859-1952)
Dewey lahir di
Burlington, Vermont tanggal 25 oktober 1859 dan meninggal pada 1 Juni 1952 di
New York Amerika.pada tahun 1894 ia pindah ke Universitas Chicago yang membawa
banyak pengaruh pada pandangan-pandangannya tentang pendidikan sekolah di
kemudian hari. Ia menjabat sebagai pemimpin departemen filsafat dari tahun
1894-1904 di universitas ini. Ia kemudian mendirikan Laboratory School yang kelak dikenal dengan namaThe
Dewey School. Di pusat penelitian ini ia
pun memulai penelitiannya mengenai
pendidikan di sekolah-sekolah dan mencoba menerapkan teori pendidikannya dalam
praksis sekolah-sekolah. Hasilnya, ia meninggalkan pola dan proses pendidikan
tradisional yang mengandalkan kemampuan mendengar dan menghafal.
Pemikirannya banyak mempengaruhi perkembangan
filsafat, politik, pendidikan, religiusitas dan kesenian di Amerika.
Aliran tokoh :
Dewey
ialah salah satu pendiri aliran Fungsionalisme di Universitas Chicago dan
salah satu pendiri aliran dari Pragmatisme
Teori atau pendapat :
Dalam
bidang pendidikan, Dewey mempunyai teori dan metode “learning by doing”
yaitu belajar sambil melakukan. Dewey berpendapat bahwa dalam mempelajari
sesuatu tidak perlu orang banyak dalam melakukannya tetapi dengan melakukan
sesuatu yang ingin dipelajari, akan dengan sendirinya orang tersebut melakukan
gerakan-gerakan atau tindakan yang seharusnya dilakukan. Hal itu akan membuat
orang menguasai apa yang ia pelajari.
Quote, pendapat, dan dipengaruhi oleh :
Sikap pragmatis
Dewey didasari oleh pemikiran filsafatnya yang berbunyi “Thinking men usually think about
change” artinya setiap
manusia berpikir selalu mengenai perubahan. Dewey mengatakan bahwa segala
sesuatu yang akan dilakukan mesti ada tujuannya dan tidak mungkin setiap
manusia berpikir untuk melakukan sesuatu hal tetapi hanya sekedar berpikir
(tidak ada tujuan).
Filsafat
ini hanya dipengaruhi oleh teori Darwin.
Wolfgang
Kohler (1887-1967)
Kohler lahir pada tanggal 21 Januari 1887 di Reval,
Estonia dan
meninggal
pada tanggal 11 Juni 1967 di Lebanon, New Hampshire Amerika Serikat
Aliran :
Kohler
adalah tokoh dengan aliran Psikologi gestalt.
Teori/pendapat :
Kohler
melakukan eksperimen tantang intelligent behavior pada Simpanse untuk
membuktikan bahwa pada kera pun terdapat pemahanan(insight). Teori dan pendapat
ini bertolak belakang pada teori
Thordike
(trial error) yang mengemukakan bahwa pada tingkah laku hewan pada dasarnya
adalah tingkah laku coba salah( trial and error). Maka dari itu, karena teori Trial
and error ini, Kohler ingin membuktikan bahwa pada tingkah laku hewan bukanlah
tingkah laku Trial and error seperti yang dikatakan oleh Thorndike.
Experimen/penelitian :
Kohler
melakukan eksperimen Intelligent behavior pada Simpanse. Seekor kera
dimasukkan ke dalam kandang, yang di depan kandang itu diberi pisang yang
diletakkan agak jauh yang tidak bisa dicapai oleh tangan kera. Setelah beberapa
waktu kemudian, kera melihat pisang tersebut dan kedua kayu yang diletakkan
didepan kandangnya. Setelah itu kera itu bermain-main dengan kedua tongkatnya
itu dan menyambungkannya jadi satu buah tongkat. Kera berusaha mencapai pisang
itu dengan tongkat tersebut dan disitulah terlihat bahwa ad aide pada kera
untuk mengambul pisangnya itu dan akhirnya keinginannya terpenuhi. Pemahaman
tiba-tiba ini disebut sebagai “ Aha Erlebnis” dan Kohler membuktikan
bahwa Teori asosiasi terutama hukum kontiguitas tidaklah benar.
Dikatakannya bahwa tongkat-tongkat itu tidak disambung karena adanya
kontiguitas, tetapi karena adanya pengamatan gestalt pada kera yang
menghubungkan kedua tongkat itu dan menghubungkan kedua tongkat itu dengan
pisang diluar kandang. Dengan perkataan lain, kera menganggap bahwa kedua
tongkat itu dan pisang yang berada diluar kandang merupakan bagian dari suatu
organsasi atau totalitas fenomena tertentu.
Quote dan pendapat :
“In his
great treatise, Electricity and Magnetism, Clerk Maxwell had remarked that we
are often told that in science we must, first of all, investigate the
properties of very small local places one after another, and only when this has
been done can we permit ourselves to consider how more complicated situations
result from what we have found in those elements. This procedure, he added,
ignores the fact that many phenomena in nature can only be understood when we
inspect not so-called elements but fairly large regions.”
ABRAHAM MASLOW (1908-1970)
Abraham Harold
Maslow lahir pada 1 April 1908 di Brooklyn, New
York. 8 Juni 1970, Menlo Park, California, Amerika
PANDANGAN ATAU TEORI,ALIRAN, DAN PENELITIAN
Maslow ialah tokoh dari aliran Humanistik dan Holistik. Asal muasal Maslow menciptakan Teorinya yang terkenal
saat ini yaitu mengenai “Hierarki Kebutuhan” atau “Hierarki of needs” , maka
ini lah yang dimaksudkan kedalam tingkatan kebutuhan manusia. Ada 5 tingkatan
kebutuhan manusia, yaitu :
1 .
Kebutuhan fisiologis . Ini termasuk kebutuhan yang kita miliki untuk oksigen ,
air, protein , garam , gula , kalsium , dan mineral lain dan vitamin .
2 . Keselamatan dan kebutuhan keamanan. Anda akan menjadi semakin tertarik untuk menemukan keadaan yang aman , stabilitas , perlindungan . Anda mungkin mengembangkan kebutuhan untuk struktur , untuk pesanan , beberapa batasan .
3 . Kasih dan kebutuhan milik. Anda mulai merasa perlu untuk teman-teman , kekasih , anak-anak , hubungan kasih sayang secara umum , bahkan rasa komunitas . Memandang negatif , Anda menjadi semakin rentan terhadap kesepian dan kecemasan sosial .
4 . Self Esteem membutuhkan. Semakin rendah satu adalah kebutuhan untuk menghormati orang lain , kebutuhan akan status , ketenaran , kemuliaan, pengakuan , perhatian , reputasi , apresiasi , martabat , bahkan dominasi . Bentuk yang lebih tinggi melibatkan kebutuhan untuk harga diri , termasuk perasaan seperti kepercayaan diri , kompetensi , prestasi , penguasaan , kemerdekaan, dan kebebasan .
2 . Keselamatan dan kebutuhan keamanan. Anda akan menjadi semakin tertarik untuk menemukan keadaan yang aman , stabilitas , perlindungan . Anda mungkin mengembangkan kebutuhan untuk struktur , untuk pesanan , beberapa batasan .
3 . Kasih dan kebutuhan milik. Anda mulai merasa perlu untuk teman-teman , kekasih , anak-anak , hubungan kasih sayang secara umum , bahkan rasa komunitas . Memandang negatif , Anda menjadi semakin rentan terhadap kesepian dan kecemasan sosial .
4 . Self Esteem membutuhkan. Semakin rendah satu adalah kebutuhan untuk menghormati orang lain , kebutuhan akan status , ketenaran , kemuliaan, pengakuan , perhatian , reputasi , apresiasi , martabat , bahkan dominasi . Bentuk yang lebih tinggi melibatkan kebutuhan untuk harga diri , termasuk perasaan seperti kepercayaan diri , kompetensi , prestasi , penguasaan , kemerdekaan, dan kebebasan .
5 .
Aktualisasi Diri . merupakan kebutuhan-kebutuhan akan penghargaan dari orang
lain, status, ketenaran, dominasi, kebanggaan, dianggap penting dan apresiasi
dari orang lain. Orang-orang yang terpenuhi kebutuhannya akan harga diri ini
akan tampil sebagai orang yang percaya diri, tidak bergantung pada orang lain
dan selalu siap untuk berkembang terus untuk selanjutnya meraik kebutuhan yang
tertinggi yaitu aktualisasi diri (self actualization).
PENDAPAT DAN QUOTE
Maslow juga berpendapat tentang Kebutuhan Manusia, dan salah
perkataannya mengenai “Kebutuhan
yang lebih tinggi akan timbul jika kebutuhan yang lebih rendah terpenuhi”
Robert
Sessions Woodworth (1869-1962)
Robert
Sessions Woodworth lahir pada tanggal 17 Oktober 1869 dan beliau meninggal pada
tanggal 4 juli 1962, ia meninggal di usia 91 tahun.
PANDANGAN ATAU TEORI DAN PENELITIAN
Woodworth dalam psikologi adalah fungsionalisme. Selain itu Woodworth juga merujuk kepada penggunaan
metode perilaku , fisiologis ,atau introspektif tergantung pada metode terbaik
sesuai situasi kepentingan empiris.
PENDAPAT ATAU TEORI ROBERT SESSIONS WOODWORTH
" Mungkin benar , seperti yang telah dikatakan ,
bahwa penulis hadir mewakili sekolah fungsional psikologi , dalam arti yang
luas dari kata Psikologi . Tampaknya menjadi studi tentang fungsi dari
organisme di lingkungannya . Ini tampak begitu banyak hal yang biasa bagi saya
bahwa mungkin itu mendasari diskusi banyak topik . saya akan memperingatkan
pembaca terutama terhadap bias teoritis kemungkinan dalam bab-bab tentang
respon terkondisi , Maze Belajar , Persepsi warna , dan Problem Solving . Studi
topik ini telah melayani untuk memperjelas pandangan sistematis saya sendiri,
tapi presentasi eksplisit pandangan ini harus menunggu kesempatan lain " (
Woodworth , 1938 , p v ; . berani - menambahkan teks ) .
Arnold
Lucius Gesell (1880-1961)
Lahir pada
tanggal 21 Juni 1880, Gesell lahir di Alma , Wisconsindan dan beliau meninggal
pada tanggal 29 May 1961, dan ia meninggal pada usia 81 tahun.
PANDANGAN ATAU TEORI, ALIRAN DAN PENELITIAN
Sebagai seorang psikolog , Gesell menyadari pentingnya
besar dari kedua nature dan nurture . Ia adalah tokoh dari aliran perkembangan dari
fungsionalis
PENDAPAT ATAU QUOTE ARNOLD LUCUIS GESELL
Menerangkan keindahan yang dilihatnya dalam proses
pertumbuhan dengan “ its seasons and sequences”.
Carl
Gustav Jung ( 1875 – 1961 )
Lahir pada tanggal 26 Juli 1875 di Kesswil dan meninggal
pada tanggal 6 Juni 1961 di Kusnacht.
Ada
tiga sistem kepribadian menurut Jung yaitu kesadaran ( consciousness ), ketidaksadaran pribadi ( personal unconsciousness ) dan ketidaksadaran kolektif ( collective unconsciousness ).
Qoutes : “ the
personal unconscious rest upon a deeper layer… I call the collective
unconscious”
Karl
Buhler (1879-1963)
Karl Ludwig Bühler adalah seorang psikolog Jerman dan ahli bahasa.
Lahir: 27 Mei 1879, Meckesheim, Jerman, Meninggal: 24 Oktober 1963, Los Angeles, California,Egyesült Államok. Aliran : psikologi Gestalt.
Dipengaruhi : Jürgen Habermas
dikenal
terutama untuk studi tentang proses berpikir.
pemikiran
tanpa gambaran; itu menunjukkan bahwa pikiran mampu berpikir abstrak murni dan
tidak perlu menggunakan gambar atau pengamatan masa lalu untuk memahami ide.
Bühler membuat rakyatnya berpikir dengan meminta mereka membaca bagian dari
Nietzsche atau dengan meminta mereka pertanyaan dan waktu jawaban mereka,
kemudian meminta mereka untuk menggambarkan pengalaman. Dia menyebut teknik eksperimental
ini Ausfragemethode-"metode inkuiri."
Quotes
: By the
time the child can draw more that scribble, by the age of four or five years,
an already well-formed body of conceptual knowledge formulated in language
dominates his memory and controls his graphic work. Drawings are graphic
accounts of essentially verbal processes. As an essentially verbal education
gains control, the child abandons his graphic efforts and relies almost
entirely on words. Language has first spoilt drawing and then swallowed it up
completely.
LOUIS LEON THURSTONE
(1887 – 1955)
Thurstone adalah seorang psikolog Amerika yang lahir di Chicago
pada 29 Mei 1887 dan meninggal di Chapel Hill pada tanggal 29 September 1955
ALIRAN:dibidang perkembangan tes inteligensi, lewat
penggunaan analisis faktor
jamak.
Teori :Thurstone terkenal
dengaan teorinya yang disebut Theory
of primary mental abilities. Teori kemampuan mental ini berdasarkan
penemuannya mengenai interrelasi di antara tes-tes kemampuan, yang menggunakan
teknik analisis faktor jamak (technique of multiple factor analysis).
Experiment /
penelitian : Thurstone
berinisiatif mendirikan laboratorium psikometri, mendirikanPsychometric
Society dan menerbitkan
jurnal psikometrik. Pada tahun 1936 , ia menjadi presiden dari Psychometric
Society dan sebelumnya menjadi presiden dari American
Psychological Association pada
tahun 1932. Publikasinya yang penting dimulai dengan The Nature of Intelligent (1924) dan diakhiri dengan Multiple Factor Analysis (1924) yang mencerminkan minatnya
dalam pengembangan suatu pendekatan kuantitatif terhadap penyelidikan mengenai
kemampuan mental. Publikasi lainnya yang terpenting termasuk Measurement of Attitude(1929). Primary Mental Abilities (1938) dengan Thelma Gwynne
Thurstone yang adalah istrinya dan kolega profesionalnya dan selaku kawan
penulisnya dalam Factorial
Studies of Intelligence (1941).
Dia juga memberikan saham berupa banyak artikel kepada publikasi-publikasi
teknis.
SIR GODFREY HILTON THOMSON
(1881 – 1955)
aliran :
sir godfrey hilton thomson adalah seorang psikolog pendidikan.
Teori :
thomson mengemukakan teori yang disebut “sampling theory” dan
mengatakan bahwa prestasi-prestasi kesadaran ditentukan oleh sejumlah besar
faktor yang independen, tetapi hanya sejumlah kecil (sample) dari faktor-faktor
yang benar-benar operasional dalam saat-saat tertentu. Karya-karyanya antara
lain adalah The
Essentials of Mental Measurement (1911), The Factorial
Analysis of Human Ability (1939).
Eksperimen / penelitian :
Penelitiannya dimulai di psychophysics ,tetapi ia menjadi terkenal karena kritikannya terhadap faktor umum Spearman dalam intelijen .Mengejar bunga ini menyebabkan pekerjaan utama pada analisis faktor kemampuan mental .
Thomson juga aktif dalam pekerjaan pada hubungan antara kecerdasan dan kesuburan , melakukan beberapa penelitian sampel perwakilan nasional pertama, yang menunjukkan bahwa hubungan ini adalah negatif.
Penelitiannya dimulai di psychophysics ,tetapi ia menjadi terkenal karena kritikannya terhadap faktor umum Spearman dalam intelijen .Mengejar bunga ini menyebabkan pekerjaan utama pada analisis faktor kemampuan mental .
Thomson juga aktif dalam pekerjaan pada hubungan antara kecerdasan dan kesuburan , melakukan beberapa penelitian sampel perwakilan nasional pertama, yang menunjukkan bahwa hubungan ini adalah negatif.
Sumber
:
Brennan,
James F. (2006). Sejarah dan Sistem Psikologi. 6th edition. RAJAP. Depok.
Sarwono,
Sarlito W. (2002). Berkenalan
dengan Aliran-Aliran Tokoh Psikologi. 3rd edition.
B. R.
Hergenhahn. (2009). An Introduction to The History of Psychology. 6th edition.
https://www.google.com (Sumber Gambar)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar